PELESTARIAN KAYU JABON ASET MASA DEPAN

Posted: April 5, 2011 in Uncategorized

MANAJEMEN AGRIBISNIS (173)

PELESTARIAN KAYU JABON

ASET MASA DEPAN

 

 

DISUSUN OLEH

HIDAYAT WIJIYONO

C1B0

MANAJEMEN B

FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN

UNIVERSITAS JAMBI

TAHUN AJARAN 2010-2011

  1. 1. Pendahuluan

Saat ini sedang berkembang usaha model tanaman yang keras,resiko yang kecil, potensi hasil yang besar ,dan juga dengan harga kayu yang lebih mahal dari waktu kewaktu di irimgin semakin langkanya sumber kayu kayu alami, menjadi favorit bagi yang punya modal.

Di beberapa daerah , model infestasi kayu ini sudah jadi favorit sejak zaman dulu. Dengan mempunyai lahan kayu jati di lahan masyarakat desa sudah dapat mewariskan kekayaan buat anak-anaknya kelak ketika dewasa . hanya saja jati yang di tanam jati local yang pertumbuhanya sangat lambat sehingga masyarakat agak sedikit enggan menanam.

Karena lambatnya proses pertumbuhan jati tersebut,  maka muncul beberapa variates kayu yang diklaim sebagai fast growing, kayu dengan tingkat pertumbuhan yang sangat cepat. Mulai dari segon, kayu afrika, bebrapa jenis beringin, dan terakhir jabon. Yang saat ini tenar di masyarakat .

Tapi yang sedang tren sekarang  jabon yang asli dari Indonesia yang di tenggarai akan menggantikan segon. Untuk memenuhi industry besar dan usaha masyarakat, selama ininsudah terpaku kepada segon,terutama di jawa, meski ada juga ysng di luar jawa kemudian jagom mengalami karat puru, di jawa timur dan daerah lainya meski tidak semua, tetapi cukuo hebat.

Karena pohon yang berdiameter 10 pun tiba-tiba mati. Kalo matinya 20 meter kan masih dapat digunakan  untuk suplai pabrik, misalnya untuk kayu lapis kata Dr. Ir. Suprianto.

Kelebihan jabon menurut dokter lulusan nancy university. Dari 20 kayu yang di teliti maka jabon lah yang terpilih apling terbbaik, dan juga kita konsultasikan kpda perusahanan kayu veneer  atau indusri kayu lainya rupanay jabon sudah di gunakan  seperti di lampung, banjanegara, Surabaya dan Kalimantan.

  1. 3. Kelebihan jabon

 

Menurut damaris pwlaku jabon dari bogor, berbagai kelebihan jabon  sebagai  pengganti segon antara lain dapat di panen dalam waktu 5 tahun. Kayu berkualiatas, ssebenarnay abanyak akayu yang berkualaitas tseperti mahoni dan suren. Namun , waktu panen cukup lama jelas damaris.

Pertumbuhan jabun sekitar 10 cm per tahun.  Sementara pada taun 0-1 tanaman bibit belum dihitung karena merupakan tahap adptasi bibit. Pada umur 2 meter tanaman jabon dapat tumbuh diperkirakan mencapai 30-40 cm dan tinggi 15-17 dan panen setelah 5 tahun merupakan yang snagat ideal untuk tanaman kayu seperti jabon. Serat kayu yang bagus yaitu serat yang bertautanya sedikit sehingga dapat dijadikan plywood kayu lapis dan tidak terlalu banyak mata kayu sehingga kualitas cukup baik.

 

  1. 4. Minim hama penyakit

Menurut agus, pemgusaha dari  sukorejo-kendal , mengatakan bahwa penyakit jabon belum pwrnah ditemui nya. Walapun saat itu sedang ada cuaca buruk , yaitu hujan yang salah musim.  Salah satu hal yang menabjubkan , jabon teryata tidak terpengaruh oleh  penyakit pada tanaman segon yang terkena penyakit tumor karat. Tanaman jabon tetap tumbuh tanpa menunjukan tanda-tanda tertular.

 

  1. 5. Penyegahan penyakit

Meski demikian agus tetap mengingatkan bahwa pemeliharaan tanaman berupa penyemprotan  pestisida tetap harus dilaksanakan untuk mencegah timnbulnya hama penyakit, dan dengan cara menyesuaikan jarak tanaman agar kondisi tanah tidak terlalu lembab dengan kondisi semacan ini dapat mengundang banyak penyakit. Dan dengan memaksimalkan jarak juga tidak perlu juga melakukan penjarangan natinya.

 

  1. 6. Di lahan kiritis pun tetap okee

Meski jabon akan lebih baik di tanam di lahan yang subur, namun menurut lilik sengaja mengambil lahan yang kritis {gersang}, dengan ketebalan tanah 5-10 cm. linki sengaja mengambil lahan kritis , karena dirinya yakin akan berbagi keunggulan jabon.Pada lahan kritis , tanaman akan sulit tumbuh . toh ternyata jabon dapat tumbuh dengan baik tapi memanag ada teknik tersendiri.

 

  1. 7. Teknik penanaman

Teknik ini, meski dilakukan dilahan kritis, tapi lebih baik dilahan yang subur. Sebelum memasuki musim tanam{awal penghujan}, sebulan sebelumnya siapkan dulu lahan yang akan di Tanami jabon.

 

Buatlah lubang untuk menanam bibit 50X50X50 cm. jarak antar lubang 3X3 m. pada lubang ini berilah pupuk kandang yang sudah matang , sebanyak 10 kilo setiap lubang. Setelah lahan siap, ketika lahan sudah siap, mulailah penanam jabon, karena pupuk kandang netral terlebih dahulu dan pupuk langsung menyesuaikan denaga tanah.

 

Karena penanman di musim hujan tidak perlu melakukan penyiraman, setengah bulan berikan pupuk NPK, 1 ons perpohon , dengan jarak 20 cm dari taaman, pemberian ini dilakukan dengan melubangi di sekeliling pohon , lalu memberinya pupuk NPK, setelah itu tutup kembali.6 bulan kemudian ,pemupukan NPK  dengan cara metode yang sama setiap 6 bulan, lakukan pemupukan hingga tahun ke 3. Meski cara sama pemberian dosis yang berbeda.Tahun pertama, 1 ons, tahun ke 2-3 dinaik kan 1,5 0ns per tanaman.  Agar lebih maksimal  lakukan pemberian pupuk kandang pada lubang diantara jarak tanaman 1 meter dari  pohon, umtuk lunangnya diameter 50-60 cm dengan kedalaman 1 meter. Tiap kandang di beri 0,5 kubik. Lalu di tutup tanah.

 

Pemberian Pupuk kandang ini dilakukan a tauhun  atau sampai siap jual. Namun pembuatan lubang harus berpindah pindah dengan ketentuan tetap 1 meter dari pohon, hal itu memiliki keuntungan antara lain, struktur tanah makin baik , mikro organismemakin banyak, hingga kondisi tanah makin subur.

 

 

 

 

  1. 8. Investasi aman dan sangat menguntungkan

Di banding dengan investasi lain, membenamkan di pembesaran tanaman  industry sangat menguntungkan. Coba kita bias itung-itungan, harga emas dalam 5 tahun naiknya berapa persen ?  taruklah 10% kalo saya punya uang 100 juta, maka dalam 5 tahun uang saya akan menjadi 110 juta . berapa jika di inveskan ke pohon . ‘ sekarang saya investasikan ke pohon sewa tanah 2 juta per hektar 5 tahun menjadi 10 juta .

Sementara itu menurut lilik dari CV. Centra Buana Sejahtera, jika memiliki lahan 1 hektar, bias di Tanami kurang lebih 1.150 jabon. Dengan mengeluarkan modal 53 juta, yakin untuk pembelian bibit, pemupukan , sewa lahan, serta perawatan. Maka dalam jangka waktu 4 tahun bias menghasilkan minimal 500 jutauntuk setiap hektar.

Asumsinya, usia 4 tahun harga perbatang mencapa Rp 500.000,-, dengan volume per batang 0,65 m kubik. Taruhlah, jika yang bias tumbuh 1050 batang saja, maka bias enghasilkan uang 500 juta. Sangat menguntungkan bukan.

 

Analisa usaha jabon 1 hek tar

A Modal
Sewa lahan Rp 10.000.000,-
1150 bibitan, @ Rp 1.500,- Rp 1.725.000,-
Tenaga, pupuk kandang {1150x Rp 5.000,-} Rp  5.750.000,-
{1 ons NPKx2x1150}xRp 500,- Rp 1.150.000,-
{3 ons NPKx4x1150}x Rp 500,- Rp 6.900.000,-
Pupuk kandang dan tenaga kerja {Rp 6.000,-x1150x4} 27..600.000,-
53.125.000,-
B Hasil setelah 5 tahun
1050xRp 500.000,- Rp 525.000,000,-
C Keuntungan Bersih Setelah 4 tahun
B-A{Rp 525.000.000-Rp 53.125.000} 471.875.000,-

  1. 9. Pemasaran

Pemasaranya snagat mudah sekali dalam menjual prokud jabon tersebut, kita hanya perlu dating ke pakbrik kayu ataupun kepada masyarakat pati kan membutuhkan. Bila perlu kita jual keluar negri dan harganya pun pasti akn lebih mahal daei pada di jual di local, begitu mudahnya pemasaran apa lagi dp Sumatra masih sedikit sekali yang mengembangkan usaha kayu tersebut, sehingga  tidak ada pesaiing yang beguitu berat untuk menjual produk tersebut.

 

 

  1. 10. Penutup

 

Hal ini berkaitan dengan globalisasi yang seamkn tergesernya hutan-hutan menjadi pabrik, sehingga di perkotan sulit kita temukan udara yang sehat, dan mencegah banjir, tanah longsor, dan pemanasan gobal yanfg sekarang ini sudah sangat Nampak kita rasakan, dan juga tidak akn mungkin kayu semakin murah karena hutan-hutan kita semakin habis di ambil illegal yang tidak bertanggung jawab, dan hitung-hitung kita membantu progam pemerintah untuk mewujudjan Indonesia hijau sehat dan beseri. Maka dari itu jangan segan bagi yang mempunyai modal harap segera menghubungi saya. Trimakasih.

 

 

Tinggalkan komentar